Dikandangkan Sekira 2 Tahun, Boeing 737 MAX Diijinkan Kembali Mengudara

0
4
FOTO : ILUSTRASI/LINDSEY WASSON/REUTERS

CYBERSULUT.NET – Otoritas Kanada telah mengizinkan pesawat Boeing 737 MAX untuk kembali mengudara di wilayahnya mulai Rabu (20/1) waktu setempat. Hal ini mengakhiri kebijakan mengandangkan pesawat jenis tersebut selama nyaris 2 tahun terakhir usai terjadi dua kecelakaan maut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (19/1/2021), Kementerian Transportasi Kanada mengumumkan bahwa izin terbang diberikan setelah dilakukan pengkajian terhadap perubahan desain dan melakukan pelatihan pilot tambahan untuk pesawat jenis tersebut.

“Akan mencabut Notice to Airmen (NOTAM) yang melarang operasi komersial pesawat di wilayah udara Kanada pada 20 Januari 2021,” demikian pernyataan Kementerian Transportasi Kanada.

“Ini akan memungkinkan kembalinya pesawat jenis ini kepada layanan di Kanada,” imbuh pernyataan tersebut.

Ditambahkan Kementerian Transportasi Kanada bahwa maskapai-maskapai penerbangan Kanada diharapkan siap untuk kembali mengoperasikan pesawat jenis ini ‘dalam beberapa hari dan pekan ke depan’.

Maskapai terbesar kedua di Kanada, WestJet, dalam pernyataannya mengumumkan rencana untuk kembali menerbangkan armada Boeing 737 MAX miliknya pada Kamis (21/1) mendatang, setelah Boeing mengatasi masalah teknis dan meningkatkan pelatihan pilot.

Maskapai Kanada lainnya seperti Air Canada dan Sunwing juga memiliki Boeing 737 MAX dalam armada mereka.

Krisis yang melanda Boeing terkait 737 MAX berawal dengan kecelakaan tahun 2018 di Indonesia, yang diikuti oleh kecelakaan lainnya pada Maret 2019 di Ethiopia. Dua kecelakaan maut itu menewaskan total 346 orang dan membuat pesawat jenis terbaru buatan Boeing yang paling laku itu di-grounded secara global.

Brasil menjadi negara pertama yang mengizinkan Boeing 737 MAX untuk kembali mengudara di wilayahnya pada Desember tahun lalu, yang diawali oleh penerbangan domestik oleh maskapai bujet Brazil, Gol.

Amerika Serikat (AS) menjadi negara kedua yang mengizinkan Boeing 737 MAX mengudara di wilayahnya, dengan maskapai American Airlines telah kembali menerbangkan pesawat jenis itu untuk membawa penumpang.

 

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here