Sosialisasi Pencegahan Stunting, Rizya Ganda Davega Ingatkan Pentingnya Pola Hidup Sehat dan Bergizi

0
8

CYBERSULUT.NET – Dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Ketua Tim Penggerak PKK Minut, Rizya Ganda Davega berkoordinasi bersama Dinas PPKB, Dinas Kesehatan, Dinas sosial PMD serta Dinas Pangan dan Capil menggelar sosialisasi di Desa Makalisung, Jumat (24/6/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, Rizya Ganda Davega menyampaikan kalau stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak yang disebabkan karena kekurangan gizi dalam waktu lama, maupun infeksi berulang dan kurangnya stimulus psiko-sosial.

“Anak stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal dan menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit di masa depan dan beresiko menurunkan produktivitas,” kata Rizya Ganda Davega.

Menurut istri tercinta dari Bupati Joune Ganda ini, penanganan stunting saat ini perlu dilakukan mendesak melalui intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif pada sasaran 1.000 hari pertama kehidupan dari anak sejak di kandungan sampai berusia 23 bulan.

“Melihat kondisi stunting di masyarakat saat ini, kita perlu fokus dan terarah dalam pencegahan dan penurunan stunting. Agar anak-anak kita dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global,” tutur Rizya.

Dipaparkan Rizya, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan dan penurunan stunting. Diantaranya perbaikan terhadap pola makan, pola asuh dan perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

“Oleh karena itu, marilah kita semua satukan tekad dalam percepatan menurunkan stunting dengan adanya komitmen dan visi dari kepemimpinan daerah. Selain itu, adanya kampanye dan komunikasi dan perubahan perilaku, adanya konvergensi dan konsolidasi program sampai ke masyarakat. Adanya ketahanan pangan dan gizi di masyarakat, adanya pemantauan dan evaluasi secara rutin dan terpadu oleh kita semua,” tutup Rizya Ganda Davega.

 

ADVERTORIAL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here