Manfaatkan Kunjungan Presiden Jokowi, Bupati Minahasa Minta Bantu Pelestarian Danau Tondano

0
109
Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring saat mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulut belum lama ini. FOTO : Istimewa

CYBERSULUT.NET – Kedatangan Presiden Jokowi ke Minahasa, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu tidak disia-siakan oleh Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) untuk mengusulkan pelestarian Danau Tondano. Hal ini karena dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan seluruh kabupaten kota untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan para turis asing yang setiap tahun selalu meningkat kunjungannya ke Sulut.

Dalam rapat kerja Presiden yang dihadiri beberapa menteri, Gubernur Sulut, Wali Kota dan Bupati se-Sulut. Bupati Royke meminta pemerintah pusat ikut menjaga kelestarian Danau Tondano.

“Saya mengusulkan kepada Presiden agar ada pelestarian untuk Danau Tondano. Karena dari data kami pada tahun 1939, kedalaman Danau Tondano itu 43 meter dan luasnya kurang lebih 5600 hektare. Tapi, data tahun 2015, kedalamannya menjadi 14 meter dan luasnya tinggal kurang lebih 3900 hektare. Artinya, selama 75 tahun ada pendangkalan 29 meter dan luasnya menciut 20 persen,” ujar Bupati ROR.

Menurut Royke, Danau Tondano ini tidak hanya berjasa besar untuk Minahasa tapi juga untuk seluruh Sulawesi Utara. Karena dari Danau Tondano ini mengalir sungai yang dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain itu, air Danau Tondano juga dijadikan PAM untuk kota-kota besar seperti halnya Manado dan kota-kota lain. Tapi, tiap tahun terus terjadi pendangkalan dan luasnya semakin berkurang.

“Makanya saya usul agar pelestarian Danau Tondano dibuat seperti Citarum Harum. Pemerintah pusat ikut andil bagian untuk membenahi kawasan ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Royke juga mengaku bangga atas kehadiran Presiden Jokowi di Tanah Minahasa. Dia pun berharap pelestarian Danau Tondano bisa segera dilakukan. Hal ini agar wisatawan yang datang ke Kabupaten Minahasa khususnya ke Danau Tondano juga semakin meningkat.

“Kebijakan Pak Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menggenjot sektor pariwisata di Sulawesi Utara sudah sangat tepat. Karena sektor pariwisata berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat. Selain itu, Sulawesi Utara khususnya Minahasa memang memiliki kekayaan alam yang tiada duanya. Minahasa punya laut, pantai, gunung, hutan, danau, dan juga pariwisata budaya. Ini yang saya dan jajaran berusaha untuk terus menaikkan kunjungan wisata ke sini,” Ucap Bupati Royke.

Sumber : merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here