Ardiles Mewoh Pastikan 21.184 Jajaran Bawaslu Telah Siaga Awasi Pemilu 14 Februari

0
82

CYBERSULUT.NET – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar apel siaga ‘Pengawasan Masa Tenang, Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi, serta Perolehan Suara Pemilu 2024. Kegiatan ini dipusatkan di Mantos 1 Manado, Jumat (9/2/2024).

Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh, mengatakan sebanyak 21.184 jajaran Bawaslu hingga ke tingkat PTPS, telah siaga untuk mengawasi proses Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Apel Siaga Pengawasan ini merupakan tanda kesiapan untuk mengawasi tahapan puncak dalam pemilu serentak tahun 2024,” katanya.

Dia berharap, Bawaslu Sulut dan seluruh jajarannya bisa membaca dan mempelajari dengan saksama setiap data yang tersaji dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk menuntun proses perencanaan strategi pencegahan dan pengawasan di wilayah masing-masing.

Selain itu, Ardiles bilang sangat penting bagi personel tim pengawasan untuk mengenali dan memahami karakteristik serta kecenderungan perilaku sosial kemasyarakatan di wilayahnya.

“Hal ini agar Pengawas mampu beradaptasi dan terutama untuk melakukan penetrasi strategi pengawasan yang tepat tanpa mencederai tatanan dan nilai sosial kemasyarakatan yang ada. Kepada seluruh jajaran pengawas agar menghindari sikap-sikap arogansi saat menjalankan pengawasan,” kata dia kembali.

Sebelumnya, Bawaslu Sulut telah menyiagakan 513 Panwaslu dan Kecamatan, Desa dan Kelurahan 1.839 dan 8.240 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) serta 10.592 Pengawas ad hoc se-Sulut, yang tersebar dari Pulau Miangas, Kepulauan Talaud sampai Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

 

REDAKSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here