Ahli Epidemiologi Minta FPI Terbuka Kondisi Kesehatan Rizieq Syihab Pasca Kerumunan Massa

0
6
Rizieq Syihab (Foto : Istimewa)

CYBERSULUT.NET – Ahli epidemiologi meminta pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab terbuka dengan kondisi kesehatannya. Menyusul rangkaian acara yang mengundang kerumunan massa pasca kepulangannya dari Arab Saudi.

Diketahui saat ini Rizieq tengah dirawat di UMMI, Bogor.

Menurut ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono keterbukaan soal positif atau negatif Covid-19 kondisi kesehatan Rizieq begitu penting untuk memudahkan Satgas menelusuri siapa saja yang pernah berhubungan dengan Rizieq.

“Jadi, kemudian ya datanya dibuka saja (kalau benar positif Covid-19), sambil ditunjukkan bahwa kerumunan itu sangat tidak baik,” kata Tri Yunis, Jumat (27/11) seperti diberitakan Antara.

‘Menghilangnya’ Rizieq Syihab secara tiba-tiba dari publik setelah beberapa kali menghadiri acara pasca kepulangannya memunculkan isu Rizieq terpapar Covid-19 yang membuatnya harus dirawat.

Dugaan itu semakin kuat setelah Satgas Penanganan Covid-19 merilis ada puluhan orang yang sempat menghadiri acara Rizieq ternyata positif Covid-19.

Tri Yunis juga berpesan masyarakat yang sempat melakukan kontak dengan Rizieq dan keluarganya segera melaporkan ke petugas kesehatan sehingga kondisi terburuk bisa diantisipasi secepat mungkin.

“Jadi, memang mesti cepat-cepat untuk melaporkannya,” katanya.

Setiba di Tanah Air, Rizieq berulang kali mengundang kerumunan, mulai dari kedatangannya yang disambut massa di bandara, kemudian menghadiri acara di Tebet, Jakarta Selatan dan Bogor, hingga menikahkan anaknya di Petamburan.

Karena dinilai melanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Pemprov DKI Jakarta mendenda Rizieq Rp50 juta.

Sementara itu, Penasihat hukum FPI Aziz Yanuar mengatakan Rizieq Syihab telah menjalani tes usap secara mandiri.

Beberapa waktu lalu, Rizieq Syihab dikabarkan dibawa ke IGD Rumah Sakit UMMI, Bogor, dan hingga saat masih menjalani perawatan di RS tersebut, namun dalam keterangannya Rizieq dirawat untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan atau ‘general check up’.

Wali Kota Bogor Bima Arya, ketika diminta tanggapannya, di Bogor, Kamis (26/11), mengaku mendapat kabar dari pimpinan RS UMMI yang menyatakan Rizieq Syihab dirawat di rumah sakit tersebut.

Menurut Bima Arya, laporan itu menyebutkan Rizieq Syihab menjalani observasi oleh tim dokter di rumah sakit tersebut untuk “general check up”.

Pesan dari Rizieq yang disampaikan melalui pimpinan RS UMMI, menurut Bima, Rizieq ingin istirahat dulu dan belum ingin dijenguk oleh siapapun.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan tetap berpikiran positif soal kabar dirawatnya ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab di Rumah Sakit UMMI Bogor.

“Kita positif thinking saja,” ujar Fadil di Polda Metro Jaya.

 

 

Sumber : merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here