YKKI SulutGo Sosialisasikan Pencegahan Kanker di Kodim 1309/Manado

0
10

CYBERSULUT.NET – Dalam melakukan upaya pencegahan penyakit kanker yang timbul pada setiap manusia, banyak cara yang bisa dilakukan termasuk dengan pencegahan secara dini juga merupakan langkah kongkrit untuk menekan jumlah penderita kanker.

Salah satunya sosialisasi oleh Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo), di Kodim 1309 Manado dalam giat Sosialisasi Penyuluhan Program KB Kesehatan Semester II Kodim 1309/Mdo tahun Anggaran 2019.

Kegiatan yang bertema Melalui Kegiatan KB kesehatan kita Wujudkan Sinergitas Antara TNI,Pemerintahan dan BKKBN dalam usaha Meningkatkan keikutsertaan Masyarakat Guna membentuk Keluarga yang Berkualitas Sehat dan Sejahtera itu diikuti oleh sekitar 100 anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVII Kodim 1309/Manado.

Dalam pengarahannya, Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Kolonel Arh Christian Noel Frederik Tanjong mengharapkan pada para ibu Persit agar dapat memahami betapa pentingnya masalah tentang kesehatan terutama penyakit kanker yang sangat berbahaya bagi semua orang.

“Penyakit Kanker sangatlah berbahaya bagi semua orang, diharapkan para ibu persit juga boleh menjadi salah satu Motivator di tengah kehidupan bermasyarakat sekitar rumah tempat tinggal kita, sehingga semakin banyak masyarakat tahu itu lebih baik,” jelas Dandim 1309/Manado Kolonel Arh Christian Noel Frederik Tanjong Selasa (3/12/2019).

Pada kesempatan itu juga Ketua Persit KCK Cabang XVII Dim 1309 Koorcab rem 131 PD XIII/Merdeka Saltima Ripi Tanjong mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anggota Persit sosok ibu rumah tangga yang turut bertanggung terhadap kondisi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

“Diharapkan agar kegiatan ini dapat menambah pengetahuan anggota Persit cabang XVII Dim 1309 Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka,khususnya soal bahaya, pencegahan dan pengobatan penyakit kanker yang banyak menyerang kaum wanita,” ujarnya

Ridwan Zakaria S.Kep dari YKKI SulutGo menyampaikan bahwa Kanker merupakan suatu penyakit yang sangat ganas dan mematikan dimana dalam pengobatan secara Medis sangat mahal.

“Kanker ada dua macam kategori oleh medis yakni kanker ganas dan kanker tidak ganas,” ujar Ridwan Zakaria S.Kep.

Ridwan juga menjelaskan ada beberapa jenis kanker, di antaranya kanker paru-Paru yang merupakan suatu penyakit disebabkan oleh Virus.

Kanker serviks yang merupakan salah satu jenis penyakit kanker paling ganas pada saat sekarang ini, khususnya para kaum wanita yang disebabkan adanya kuman yang masuk melalui alat kelamin wanita (Vagina).

Kanker prostat adalah kanker pembunuh yang ketiga, khususnya para pria yang jenis berkulit hitam, pria yang berusia 50 tahun keatas dan hubungan suami istri yang jarang.

Kanker payudara disebabkan oleh ibu yang setelah melahirkan tidak mau menyusui anaknya, serta menyusui hanya payudara bagian sebelah saja.

Cara-cara menghindari kanker dan tumor menurut Ridwan dengan melakukan suntik imunisasi kekebalan tubuh yang dilakukan 3 kali selama 6 bulan dan konsumsi tumbuhan alami yang mengandung zat anti kanker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here