Yayasan RMHC Imunisasi 200 Anak di Minahasa Selatan

0
53

CYBERSULUT.NET – Imunisasi sangat diperlukan untuk memberikan perlindungan, pencegahan, sekaligus membangun kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit menular maupun penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan kecacatan tubuh bahkan kematian.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum sadar akan hal itu, salah satunya di Sulawesi Utara (Sulut), dimana tingkat kesadaran dan pemahaman sebagian masyarakat dan atau orang tua terhadap manfaat pemberian imunisasi kepada anak-anak masih rendah.

Selain itu juga, keterlibatan dan kerja sama lintas sektor terkait atau stakeholder disetiap tingkatan untuk mendukung program Imunisasi belum optimal.

Dari permasalahan tersebut Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut telah dan sedang melakukan terobosan melalui Inovasi Program Imunisasi yaitu pergerakan stakeholder tingkat desa/kelurahan/kecamatan untuk menggerakkan masyarakat agar peduli terhadap Imunisasi yang disebut Gerakan Masyarakat Peduli Imunisasi (GEMPI).

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut Mery B. Pasorong, sebagai pengagas dari Inovasi tersebut mengatakan bahwa GEMPI merupakan suatu gerakan dimana seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat desa diajak untuk ikut serta memantau dan membimbing pelaksanaan imunisasi di wilayahnya.

“Supaya anak-anak yang merupakan penerus masa depan wilayahnya dapat terlindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi bisa mendapatkan pelayanan imunisasi yang optimal dan merata,” ujar Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut Mery B. Pasorong SKM, M.Kes, Rabu (16/10/2019).

Untuk itulah, Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut menyambut baik kedatangan Yayasan Ronald McDonald House Charities (Yayasan RMHC) yang menggelar acara RMHC Grant Immunization di Desa Kapoya, Kecamatan Suluun – Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan.

Acara yang baru pertama kalinya diksanakan di Propinsi Sulut ini merupakan bentuk kerja sama Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dengan Yayasan RMHC untuk meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia.

Selain Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Sangihe juga termasuk wilayah kerjasama yayasan yang sudah hadir di Indonesia sejak 14 Februari 2011 itu. Pada tahun 2019, selain Sulut, RMHC Grant Immunization akan bekerja sama dengan beberapa wilayah di Indonesia seperti Kalimantan Barat, dan Maluku Utara.

Selain bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan, RMHC Grant Immunization tahun 2019 ini juga disponsori oleh PT. Aventis Pharma, PT. Beruang Advertising Solusindo, dan para relawan.

Country Communication and CSR Head Sanofi Indonesia Sharon Loreta Olich selaku perwakilan dari Sanofi Pasteur Indonesia yang mendukung program RMHC Grant Immunization mengatakan bahwa program tersebut selaras dengan misi Sanofi Pasteur dan pilar CSR Sanofi yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan anak-anak Indonesia dengan memberikan edukasi yang tepat mengenai berbagai penyakit menular yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

“Sanofi Pasteur Indonesia, dalam hal ini, aktif melakukan edukasi ke berbagai pihak melalui kampanye Kenapa Harus vaksinasi atau Imunisasi,” ujar Sharon Loreta Olich

Kampanye ini menurut Sharon dilakukan diberbagai lini, termasuk sosial media seperti Instagram dan Facebook dengan nama akun Kenapa Harus Vaksin. “Melalui platform ini, kami berharap masyarakat Indonesia bisa mendapatkan informasi vaksinasi yang tepat dan dapat menjawab berbagai pertanyaan mengenai vaksinasi,” kata Sharon

Selain itu juga lanjut Sharon, Program RMHC Grant Immunization ini pihaknya mendistribusikan buklet Panduan Orangtua Mengenai Vaksinasi Bayi untuk seluruh kader kesehatan dan orangtua.

“Buklet ini berisi berbagai informasi penting mengenai vaksinasi. Mulai dari jenis penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi, jadwal vaksinasi, hingga cara memberikan dukungan kepada anak saat divaksinasi,” lanjut Sharon

Sekitar 200 anak dari Desa Kapuyo 1 dan Kapuyo 2 mendapatkan imunisasi. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan dan ditanda tangani point-point kerja sama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dengan Yayasan RMHC dan mengetahui Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara serta Pejabat Wilayah Kecamatan yang menjadi Lokus.

Harapan besar dengan diadakannya RMHC Grant Immunization maka semakin banyak anak Indonesia yang mendapatkan pelayanan imunisasi sehingga dapat terlindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dan pelayanan imunisasi terutama di daerah prop Sulawesi Utara dapat merata.

Yayasan RMHC adalah lembaga nirlaba yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Indonesia dengan jaringan global di 64 negara.

RMHC Grant Immunization adalah perpanjangan dari program Ronald McDonald Care Mobile dimana Yayasan RMHC bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI/Dinas Kesehatan Provinsi memberikan pelayanan imunisasi ke daerah terpencil yang tidak mungkin dijangkau oleh kendaraan Ronald McDonald Care Mobile.

Sejak dimulainya kerja sama RMHC Grant Immunization pada tahun 2015 dengan Kementerian Kesehatan RI, telah memberi kontribusi positif untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak- anak di Indonesia dalam hal pelayanan imunisasi antara lain di Propinsi Nusa Tenggara Timur, Propinsi Sumatera Utara, Propinsi Bali, Propinsi Nusa Tenggara Barat dan Propinsi Lampung.

Sehingga tahun 2015 sampai tahun 2019, Kerja Sama dengan RMHC Grant Immunization dengan ke-5 Provinsi tersebut telah bersama-sama memberi pelayanan imunisasi kepada 126.783 anak di Indonesia.

Ronald McDonald Care Mobile (RMCM) adalah satu dari tiga program utama Yayasan RMHC, RMCM merupakan klinik kesehatan berjalan yang mendukung program peningkatan kesehatan anak-anak, seperti pemberian pelayanan imunisasi, konsultasi dan penyuluhan kesehatan serta pemeriksaan kesehatan.

Sejak tahun 2011, melalui dua unit RMCM, Yayasan RMHC telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Dinas Kesehatan setempat dalam memberikan pelayanan imunisasi dasar pada anak, pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan dasar bagi masyarakat yang tidak mampu. Total bayi dan balita yang telah menjalani imunisasi di RMCM sepanjang tahun 2011-2019 YTD, yaitu berjumlah 191.843 anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here