Terima Bantuan Rumah Kompos, Bupati Joune Ungkap Minut Sudah Ada Kebijakan Dalam Pengelolaan Sampah

0
12

CYBERSULUT.NET – Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menjadi salah satu dari lima daerah di Indonesia yang menerima bantuan fasilitas pengelolaan sampah, dalam hal ini rumah kompos dengan kapasitas 2 Ton/hari yang telah dibangun oleh Ditjen PSLB3 KLHK.

Penyerahan rumah kompos tersebut, diterima langsung Bupati Minut, Joune Ganda di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (26/07/2022).

Bupati Joune Ganda dalam sambutannya usai menerima bantuan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minut telah menindaklanjuti kebijakan dan strategi pemerintah pusat dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebagaimana tercantum didalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017, sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi.

“Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Minut telah menyusun kebijakan dan strategi daerah yang dijabarkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 43 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Minut dalam pengelolaan sampah sejenis sampah rumah tangga,” ungkap Bupati Joune Ganda.

Menurut Bupati Joune Ganda, pengelolaan sampah adalah kewajiban bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu, harus secara bersama bertanggung jawab menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi dan berterima kasih karena Kabupaten Minut menjadi salah satu dari lima daerah yang menerima bantuan fasilitas pengelolaan sampah dalam hal ini rumah kompos dengan kapasitas 2 Ton/hari.

“Dengan adanya fasilitas ini, akan membantu peningkatan kapasitas dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Minut, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan. Fasilitas ini juga akan menjadi salah satu faktor penunjang bagi Kabupaten Minut sebagai daerah Destinasi Super Prioritas,” tutur Bupati Joune Ganda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jendral Pengelolaan Sampah LB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Penanganan Sampah KLHK, Novrizal Tahar, Para Kepala Daerah; Walikota Pariaman, Bupati Kudus, Bupati Lombok Barat, Bupati Magelang, dan para Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta jajaran serta para tamu undangan.

 

 

ADVERTORIAL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here