Tarik Minat Siswa SMA/SMK di Sulut, Polimdo Sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2024

0
421

CYBERSULUT.NET – Guna meningkatkan minat dan partisipasi siswa SMA/SMK yang akan melanjutkan studi di bangku perkuliahan, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar sosialisasi dan promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024, Selasa (20/02/2024) di gedung perkuliahan Politeknik Negeri Manado.

Mengawali kegiatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana, Stevie Kaligis dalam laporannya menyampaikan giat sosialisasi yang dilaksanakan dengan mengundang pihak SMA/SMK yang ada di Sulut, merupakan program Polimdo untuk memperkenalkan lebih dekat bagaimana prosedur untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa melalui beberpa jalur.

“Saat ini sudah sedang berproses masuk dalam tahapan pendaftaran lewat aplikasi,” kata Stevie Kaligis kepada sekira 70an perwakilan SMA/SMK yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Lanjut disampaikan Stevie Kaligis, pihak Polimdo juga dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialiasi dengan mengunjungi sejumlah sekolah di daerah Bolmong Raya maupun Kepulauan Sangihe dan Talalud.

“Tentunya target yang ingin kami capai adalah meningkatnya minat dan partisipasi calon mahasiswa yang ada di SMA/SMK di Sulut, untuk mendaftar di Polimdo,” tutur Stevie Kaligis.

Sementara itu, Wakil Direktur (Wadir) I membidangi Akademik Polimdo, Tineke Saroinsong saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut mewakili Direktur Polimdo, Maryke Alelo menyampaikan, terbitnya Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana pada PTN, perlu mendapatkan perhatian para Kepala Sekolah terkait dengan bimbingan pemilihan program studi.

“Ada pembedaan dengan tahun sebelumnya terkait penetapan SNBT. Hal ini disebabkan karena calon mahasiswa yang diterima pada SNBP tidak dapat mendaftar pada SNBT dan Seleksi Mandiri oleh PTN. Kemudian calon mahasiswa yang telah diterima pada SNBT dan telah mendaftar ulang, tidak dapat diterima pada seleksi mandiri oleh PTN,” ungkap Tineke Saroinsong.

“Tentunya juga kami berharap seluruh Kepala Sekolah yang hadir dalam sosialisasi ini, dapat membantu kami menyampaikan kepada para siswa terkait persyaratan untuk masuk mendaftar dan berbagai keunggulan Polimdo,” tukas Tineke Saroinsong.

Dalam sosialisasi tersebut, Bekti Cahyo Hidayanto selaku Sekretaris Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang menjadi nara sumber melalui link zoom menegaskan, siswa yang dinyatakan lulus seleksi SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju, juga tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024.

“Calon mahasiswa baru untuk menunggu pengumuman hasil SNBT terlebih dahulu, sebelum mendaftar jalur mandiri pada PTN tujuan,” tutur Bekti Hidayanto.

Informasi terkait Pendaftaran Seleksi Nasional dapat dilihat pada tautan snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

 

Dian Marwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here