Soal Anjungan Sulut di TMII, Rocky Wowor : Pansus Hanya Bahas LKPJ Tahun 2020

0
14
Ketua Pansus DPRD Pembahas LKPJ Gubernur Sulut Tahun 2020, Rocky Wowor.

CYBERSULUT.NET – Menyikapi kritikan terkait pembangunan anjungan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang terkesan tidak diseriusi dalam pembahasan Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pembahas Laporan Keterangan Pertanggung-Jawaban (LKPJ) Gubernur Sulut Tahun 2020.

Ketua Pansus Pembahas LKPJ Gubernur Tahun 2020, Rocky Wowor menegaskan terkait anjungan di TMII tidak mendetail perlu dibahas dalam LKPJ Gubernur Tahun 2020.

“Dalam PP 18 Tahun 2019, Pansus hanya membahas LKPJ Tahun 2020,” kata Rocky Wowor dalam konferensi pers usai rapat paripurna tentang rekomendasi DPRD Sulut atas LKPJ Gubernur Tahun 2020, Selasa (11/5/2021).

TERKAIT : Pembangunan Anjungan Sulut di TMII Terkesan Stagnan, Runtuwene : Bangun Tak Ada Fungsinya, Buat Apa ?

Menurut Ketua Fraksi PDIP di DPRD Sulut tersebut, di tahun 2020 tidak ada penganggaran terkait pembangunan anjungan Sulut di TMII.

“Diakibatkan dua kali gagal tender. Pertama karena lockdown di Jakarta, lalu tidak ada yang berminat saat tender kedua kalinya. Jadi untuk tahun 2020, tidak ada dana yang masuk di TMII. Oleh sebab itu tidak dibahas berkelanjutan dalam LKPJ Gubernur Tahun 2020,” ungkap Rocky Wowor.

Meskipun demikian, Pansus LKPJ menyarankan untuk tender TMII kedepan diharapkan kualitasnya bisa terjaga dan terlaksana dengan baik.

“Harapan kami segera ditender agar pembangunan bisa segera dilaksanakan,” ujar Rocky.

TERKAIT : Kritisi Anjungan Sulut di TMII, Cindy Wurangian : Baru Tapi Kelihatan Sangat Tua!

Lanjut dikatakan Rocky, Pemerintah Provinsi Sulut juga harus merangkul Kabupaten/Kota sebagaimana komitmen awal perencanaan pembangunan anjungan di TMII.

“Dimana komitmen dari Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menyertakan Rp 1 Miliar setiap tahapan pembangunan. Namun sampai terakhir pembahasan, Kabupaten/Kota belum ada yang menyetor anggaran Rp 1 Miliar,” tukas Rocky.

TERKAIT :  Revitalisasi Anjungan TMII, Srikandi Golkar Sarankan DPRD Sulut Introspeksi Diri dan Evaluasi Kontraktor

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam rapat paripurna mengatakan, kalau pembangunan anjungan di TMII yang merupakan konsep awal ODSK sebagai tujuan pariwisata terkendala akibat pandemi covid-19. Sehingga satu tahun anggaran tidak bisa digunakan untuk membangun, yang belum terselesaikan hingga saat ini.

“Tapi percaya tahun 2021, kita bisa sudah bisa melihat apa yang menjadi rencana Pemprov Sulut untuk membuat sarana dan prasarana pameran di TMII,” kata Gubernur Olly Dondokambey.

 

Christy Lompoliuw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here