Siap Pendidikan 4.0, SMK Yadika Manado Efektifkan Ujian Semester Berbasis Smartphone

0
36
Pelajar SMK Yadika Manado saat menjalani Ujian Semester Berbasis Smarphone (Foto : Istimewa)

CYBERSULUT.NET – Terus berinovasi dan mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan, SMK Yadika Manado mengefektifkan ujian semester berbasis smartphone yang sudah sempat dilakukan uji coba pada tahun 2018.

Sistem ujian semester dan informasi manajemen sekolah dengan teknologi Internet of Things (IoT) yang diterapkan SMK Yadika Manado dibawah pimpinan Kepala sekolah, David Legi ini, menunjukan bukti kalau SMK Yadika Manado siap menghadapi Pendidikan 4.0 (education 4.0).

“Dunia pendidikan dihadapkan dengan tantangan bagaimana guru dan siswa dapat memanfaatkan Smartphone dan media sosial sebagai media pembelajaran. Kenapa demikian ? Karena inilah kenyataan saat ini, teknologi terus berkembang, efiktifitas dan efisiensi khususnya dalam proses belajar sangat dibutuhkan, dan kita harus bergerak menjawab tantangan tersebut” jelas Kepala Jurusan (Kajur) Teknik Komputer dan Jaringan SMK Yadika Manado, Ferdinand Samola.

Kepala Sekolah SMK Yadika Manado, David Legi yang turun langsung dan memantau setiap ruangan ujian di hari kedua mengatakan, kegiatan belajar-mengajar dengan memanfaatkan kemajuan dan teknologi akan terus kita terapkan demi menjawab tantangan Pendidikan 4.0.

“Ini menunjukkan bahwa produk sekolah yang diluluskan harus mampu menjawab tantangan industri 4.0. Sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, guru juga harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era Pendidikan 4.0, mengingat peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital,” tukas Legi.

Diketahui, Pendidikan 4.0 (education 4.0) adalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran.

 

 

Christy Lompoliuw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here