Sebut Presiden Baru Iran Ekstremis, Israel Peringatkan Internasional Peningkatan Nuklir Iran

0
7
Presiden baru Iran, Ebrahim Raisi / (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

CYBERSULUT.NET – Israel telah mengatakan komunitas internasional harus memiliki kekhawatiran besar tentang presiden baru Iran, Ebrahim Raisi.

Juru bicara kementerian luar negeri Israel, Lior Haiat, mengatakan Raisi adalah presiden Iran yang paling ekstremis dalam sejarah negara itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (20/6/2021).

Dia juga memperingatkan pemimpin baru itu akan meningkatkan kegiatan nuklir Iran.

Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Iran pada Sabtu 19 Juni 2021, dalam pemilu yang secara luas dipandang dirancang untuk mendukungnya.

Raisi, yang akan dilantik pada bulan Agustus 2021, adalah hakim top Iran dan memegang pandangan ultra-konservatif. Dia berada di bawah sanksi AS dan telah dikaitkan dengan eksekusi tahanan politik pada masa lalu.

Dalam sebuah pernyataan menyusul kemenangannya, ia berjanji untuk memperkuat kepercayaan publik kepada pemerintah, dan menjadi pemimpin bagi seluruh bangsa.

“Saya akan membentuk pemerintahan yang bekerja keras, revolusioner, dan anti-korupsi,” kata media negara seperti dikutip media.

Namun dalam utas Twitter, Jubir Kemlu Israel Lior Haiat mengatakan dia adalah “tokoh ekstremis, yang berkomitmen pada program nuklir militer Iran yang maju dengan cepat”.

 

Sumber : Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here