Rizya Ganda Davega Dikukuhkan Sebagai Bunda Pendamping TPK di Minahasa Utara

0
39

CYBERSULUT.NET – Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Utara Rizya Ganda Davega dikukuhkan sebagai bunda Pendamping Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam mencegah stunting.

Pengukuhan tersebut digelar di JGC Jalan Soekarno, Senin (27/03/2023) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara, yang dihadiri oleh Sekretaris Perwakilan Lady Ante.

Disaksikan langsung Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung, serta Sekertaris Daerah Novly Wowiling bersama para asisten, hingga Kepala-kepala Dinas, sampai Camat se-kabupaten juga menghadiri acara tersebut, Turut hadir juga pengurus PKK dari 10 kecamatan di Minahasa Utara.

Sekertaris BKKBN Lady Antedalam sambutannya menyebut pengukuhan ini pertama di Sulawesi Utara dari 15 Kabupaten dan Kota.

Istri tercinta Bupati Joune Ganda, Rizya Ganda Davega, saat diwawancarai mengatakan pengukuhan ini sebagai pemacu semangat baru untuk kesejahteraan masyarakat dan ia bertekad untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat luas apa itu stunting dan cara mencegahnya.

“Kami akan memberikan edukasi kepada semua yang terlibat, untuk mensosialisasikan pada semua ibu hamil sampai anak lahir,” ucap Rizya Ganda Davega.

Dikatakannya, mereka akan turun ke desa-desa, pentingnya 1000 hari perkembangan pada bayi dan ibu, agar lebih memperhatikan gizi dan rutin dibawah ke posyandu.

“Tujuan dan target kami kedepan agar bisa mengurangi angka stunting di Kabupaten Minut, sehingga ibu-ibu di desa bisa lebih paham akan perkembangan anaknya,” tegasnya.

Kedepannya menurut Rizya, akan lebih memperhatikan gizi pada ibu hamil dan bayi.

Rizya Ganda mengaku, sebelum pengukuhan dirinya sudah sering ke desa-desa, dengan fokus menurunkan angka stunting.

“Sangat disayangkan, generasi penerus bangsa jika tidak ada perkembangan,” tuturnya.

Dengan begitu, dirinya mengajak semua sama-sama bergerak mencegah dan melawan stunting, untuk mewujudkan Indonesia tumbuh.

“Marilah kita bersatu, bergandeng tangan serta berkolaborasi dan inovatif untuk membangun bangsa ini,” ajaknya.

Diketahui, tak menunggu lama, usai pengukuhan Rizya Ganda Davega langsung tancap gas, roadshow disejumlah Kecamatan untuk mengkampanyekan stop stunting dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang makanan bergizi untuk ibu hamil, menyusui dan bayi serta balita.

 

Deifi Lontoh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here