Prioritaskan Keselamatan Warga Kota di Musim Hujan, Dinas PUPR Manado Keruk Hulu Sungai Mahawu

CYBERSULUT.NET – Keselamatan warga menjadi prioritas Pemerintah Kota Manado (Pemkot) dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota, Andrei Angouw-Richard Sualang, menghadapi cuaca ekstrem yang melanda belakangan ini.

Melalui Dinas PUPR, Pemkot Manado saat ini tengah melakukan pelebaran dan pengerukan anak Sungai Mahawu yang ada di Mawahu Lingkungan III, melalui Dinas PUPR, Senin (13/02/2023).

Dari pantauan sejumlah wartawan, Kepala Dinas PUPR Johny Suwu terlihat turun langsung mengawasi jalannya proses pengerukan anak sungai, dimana satu unit excavator PC 200 langsung mengeruk tanah serta membersihkan material yang diangkut Dump Truck diangkat dari lokasi tersebut.

Kepala Dinas PUPR Johny Suwu saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan, pengerukan anak sungai sebagai langkah antisipasi mencegah adanya curah hujan yang tinggi, yang bisa kembali menyebabkan banjir.

“Mencegah terjadinya luapan air, kita tahu bersama di anak sungai ini sudah terjadi sedimentasi, sehingga untuk mengantisipasi dilakukan pelebaran, prinsipnya yang mana lahan kita sudah siapkan untuk pelebaran itu akan dilakukan pelebaran anak sungai” kata Suwu.

“Setelah proses pelebaran, kami akan pengamanan dengan menggunakan bronjong, dan kita berkolaborasi dengan Balai Wilayah Sungai” tukasnya.

Diketahui, wilayah Mahawu menjadi salah satu lokasi titik banjir pada bencana belum lama ini.

 

Deifi Lontoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!