Presiden Jokowi Diminta Yakinkan Masyarakat Indonesia Bebas Virus Corona

0
20
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Foto : Darren Whiteside—Reuters

CYBERSULUT.NET – Anggota Komisi VIII dari fraksi PKS Bukhori Yusuf meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil ke depan untuk menginformasikan bahwa Indonesia masih bebas kasus virus corona. Menurutnya rakyat perlu diyakinkan oleh presiden.

“Jangan kemudian pernyataan menteri, Presiden sampaikan ‘Saya sebagai Presiden RI sampai saat ini saya nyatakan bahwa Indonesia masih zero’ karena ini situasinya bukan porsi menteri lagi, ini sudah presiden,” ujar Bukhori saat diskusi ‘Corona Kita Imun, atau Melamun?’ di Upnormal, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020).

Bukhori menilai pernyataan Jokowi itu dapat meyakinkan masyarakat terkait kondisi Indonesia saat ini. Sehingga pernyataan Indonesia masih bebas corona tidak hanya wacana publik.

“Supaya masyarakat yakin. Tapi kalau pejabat menteri kesehatan ya saya kira hanya menjadi wacana publik,” jelasnya.

Namun pernyataan bebas corona itu menurut Bukhori harus didukung oleh data yang akurat. Kemudian data tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

“Kalau meyakini masih zero pemerintah harus sosialisasikan secara dipertanggungjwabkan dan transparan secara cepat, masif,” jelas dia.

Bukhori menyebut saat ini penyebaran virus corona adalah situasi darurat dunia. Sehingga Indonesia harus tanggap akan kasus ini.

“Ini adalah kondisi dan situasi yang dinyatakan secara dunia merupakan darurat serius, maka pemerintah harus memperlakukan sebagai kasus yang darurat serius,” ungkapnya.

Selain itu, Bukhori menilai pemerintah harus mampu melakukan deteksi dini. Kerja ekstra lintas kementerian terkiat, menurut Bukhori juga perlu disatukan.

“Indikasinya menurut saya dia harus mampu melakukan early detection yang kemudian kita sebut sebagai bukan saja sebagai preventif, tapi juga preentif, menyatukan seluruh peneliti ini juga satu upaya yang serius, ekstra, apa yang di punya semuanya kemudian disatukan,” kata dia.

Bukhori kembali menegaskan bahwa Jokowi harus memberikan pernyataan tersebut. Menurutnya kasus corona memang di bawah koordinasi presiden.

“Karena itu saya kira Presiden harus segera melakukan statement ini agar koordinasi memang ada di Presiden,” pungkasnya.

 

 

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here