Pemerintah Kabupaten Minut Saksikan Peluncuran Satria 1

CYBERSULUT.NET – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Sekretaris Daerah, Novly G. Wowiling beserta jajaran menyaksikan langsung atau nonton bareng proses peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria) 1 di stasiun Bumi PT. SNT Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe.

Satria 1 diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 dari SpaceX lepas landas dari Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat (AS) sekira pukul 05.21 WIB atau 06.21 WITA.

Mulai dari proses startup hingga deploy, satelit Satria-1 berhasil mengudara tanpa ada hambatan dan berhasil mengorbit di udara setelah proses peluncuran yang memakan waktu sekitar 36 menit.

Satelit akan melakukan tahap electric orbit raising yang membutuhkan waktu sekitar 145 hari. Setelahnya, Satria-1 akan melakukan serangkaian uji coba sebelum akhirnya bisa menghadirkan layanan optimal yang direncanakan akan beroperasi pada minggu keempat Desember 2023 atau awal 2024.

Satria 1 memiliki kapasitas 150Gbps dan mengorbit di slot 146 derajat BT yang tetap berada di atas Papua. Satelit ini diperkuat dengan 116 Spot Beam, sehingga layanan internetnya dapat menjangkau seluruh Indonesia, terutama wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Sekretaris Daerah, Novly G. Wowiling

Untuk proyek satelit ini, PSN menyiapkan 11 stasiun Bumi atau gateway yang berlokasi di Cikarang, Banjarmasin, Batam, Pontianak, Tarakan, Kupang, Ambon, Manokwari, Timika, serta Jayapura dan salah satunya Manado.

Untuk Manado berpusat di Desa Matungkas , Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulut.

Sementara itu, mewakili Bupati Minut Joune Ganda, Sekretaris Daerah, Novly G. Wowiling menyambut baik peluncuran Satria 1 yang merupakan satelit multifungsi milik pemerintah terbesar di Asia berkekuatan 150 Gbps (gigabit) dan dapat menghubungkan jaringan internet seluruh tower BTS yang telah dibangun di Minut.

“Satelit Satria 1 ini sejalan dengan misi pak bupati dalam transformasi digital di Minut bisa terwujud terlebih di sektor pendidikan, kesehatan serta mempermudah layanan publik karena akses internet menjadi kebutuhan dasar masyarakat sekarang. Penyediaan akses internet sudah jadi salah satu prioritas utama sehingga peluncuran satelit merupakan kabar baik untuk kita semua,” kata Sekda Novly Wowiling.

Hadir dalam nonton Bareng Peluncuran Satelit Satria 1, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Assisten II Alan Mingkid, Kapolsek Dimembe, Camat Dimembe, Hukum Tua Matungkas,para guru serta siswa SD dan SMP.

 

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!