Optimis Tingkatkan Kualitas PAUD di Minut, Rizya Ganda Davega Tekankan Pentingnya Peran Keluarga

0
15

CYBERSULUT.NET – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rizya Ganda Davega resmi dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Minut, Jumat (21/5/2021) di ruangan Mapalus Kantor Gubernur oleh Bunda PAUD Sulawesi Utara, Rita Dondokambey Tamuntuan.

Usai resmi dikukuhkanmengatakan, pekerjaan rumah yang ada saat ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan anak sejak dini. Dimana usia 0-6 adalah usia emas pembentukan karakter anak.

Menurut Rizya, Berbagai kajian penelitian menyimpulkan bahwa selama masa ini pertumbuhan otak sedang pesat-pesatnya. Sampai usia 4 tahun tingkat kapabilitas kecerdasan anak telah mencapai 50%. Pada usia 8 tahun mencapai 80% dan sisanya 20% diperoleh saat anak berumur 8 tahun ke atas.

“Itu sebabnya usia dini sangat menentukan derajat kualitas kesehatan, inteligensi, kematangan emosional dan produktivitas manusia pada tahap berikutnya.
Sesungguhnya pada saat bayi dilahirkan, sudah dibekali Tuhan dengan struktur otak yang lengkap. Namun baru mencapai kematangannya setelah bayi berada diluar kandungan. Anak yang memperoleh layanan PAUD akan memiliki kemampuan pra akademik yang lebih baik, IQ dan skor akademik yang meningkat tajam,” ucap Rizya.

Istri Bupati Minut, Joune Ganda ini pun meminta dukungan semua elemen masyarakat dalam menciptakan PAUD berkualitas sehingga menghasilkan generasi yang unggul.

“Keluarga pihak terdekat dengan anak-anak. Oleh karenanya, keluarga harus menjadi stimulus bagi anak sebelum ia melangkah ke jenjang PAUD. Bahkan selama belajar di PAUD, pendampingan keluarga terutama sosok ibu sangatlah penting. Saya juga meminta dukungan seluruh lapisan masyarakat agar kedepan kita mampu hasilkan generasi bangsa yang unggul,” tukas Rizya.

 

REDAKSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here