Lomba Masamper di Manado Fiesta 2019 Ikut Melestarikan Kesenian Tradisional

0
13

CYBERSULUT.NET – Lomba Masamper yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan di Funrastic Manado Fiesta 2019 mampu menyedot perhatian ribuan penonton. Lomba kesenian tradisonal masyarakat Nusa Utara (Sangihe, Sitaro dan Talaud) dengan tajuk Manado Creative Fest yang digelar di Godbless Park itu dipadati pengunjung.

 

Lomba masamper diikuti oleh beberapa grup yang datang dari Kota Manado dan Kota Bitung. Masing-masing grup membawakan Lima buah lagu, satu lagu pertemuan, satu lagu sastra daerah dan satu lagu perpisahan.

 

 

 

Jonly Tamaka, salah satu tokoh masyarakat Nusa Utara di sela-sela lomba masamper mengatakan bahwa tradisi masamper pada intinya adalah bagian ungkapan hati nurani dan memiliki nilai religius serta moral yang dikemas dalam syair sastra.

 

“Masamper, tradisi masyarakat Nusa Utara, juga berisi ajakan/ajaran moral dan tata cara pergaulan dalam hidup bermasyarakat,” ujar Jonly Tamaka, Senin (29/7/2019).

 

 

Tamaka juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Wali Kota G. S. Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor D. Bastiaan (GSVL-Mor), yang telah memberikan ruang bagi masyarakat Nusa Utara untuk mengembangkan Seni Budaya Sangihe, Sitaro, Talaud lewat panggung Manado Fiesta 2019.

 

“Sebuah kebanggaan bagi kami masyarakat Nusa Utara ketika Pak Wali Kota dan Wakil Walikota memberikan perhatian serius terhadap Seni Budaya dari berbagai etnis yang ada di Kota Manado, Rumah Besar Kita Bersama,” kata Tamaka yang juga Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro, Talaud (IKISST) Kota Bitung.

 

Hari pertama lomba masamper diikuti oleh Enam grup yang dibagi dalam dua babak. Babak I GM diisi oleh grup masamper ST 25 Manado, Gempita Bitung, dan Glorya Tumumpa. Babak II GM Narwastu Manado, GM Kalvari Parigi 7 Manado, dan GM Gelora Baru Manado.

 

Untuk besok hari, Selasa 30 Juli 2019, Babak I menampilkan GM Kalvari Malalayang, GM Kanaan Winenet Bitung, dan GM Gantra Manado, sedangkan Babak II diisi penampilan dari GM Smirna Malalayang, GM Ora Et Labora Papusungan Bitung, dan GM Smirna Batulubang Bitung. Babak III GM Aldus Manado dan GM Pniel Kairagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here