Lima Klub Indonesia Kena Sanksi FIFA, Embargo Transfer Tiga Periode

0
3

CYBERSULUT.NET – Badan sepak bola dunia FIFA resmi menjatuhkan sanksi embargo transfer selama tiga periode terhadap lima klub Indonesia, salah satunya tim raksasa BRI Liga 1, Persija Jakarta.

Selain Persija Jakarta, empat klub Indonesia lainnya yang juga disanksi FIFA adalah Persiraja Banda Aceh, Sada Sumut FC, Persikab Kabupaten Bandung, dan Persiwa Wamena.

Sejak 2018, nama Persiwa sudah tidak eksis lagi di sepak bola Indonesia karena merger dengan tim asal Cirebon, Bina Putra FC, yang berkompetisi di Liga 3.

Hukuman untuk Persiwa sudah berlaku pada 12 Mei 2022, Sada Sumut FC dan Persikab pada 26 Februari 2024, dan Persiraja pada 26 Januari 2024.

Dalam situsnya, FIFA tidak mengungkap kasus apa yang membuat kelima klub itu, termasuk Persija Jakarta, yang tidak diperbolehkan mendaftarkan pemain dalam berbagai kesempatan.

Namun, berdasarkan penjelasan Peraturan Status dan Transfer Pemain atau Kode Disiplin FIFA, banned transfer dijatuhkan kepada tim akibat beberapa penyebab, antara lain:

1. Kewajiban pembayaran yang jatuh tempo

2. Pemutusan kontrak tanpa alasan yang sah

3. Pemutusan kontrak sepihak atas dasar pemain hamil atau menjadi hamil

4. Kegagalan membayar jumlah yang relevan tepat waktu

“Larangan pendaftaran akan berlaku baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan kata lain, larangan akan memengaruhi setiap pendaftaran yang berasal dari transfer domestik maupun internasional,” tulis pemberitahuan FIFA kepada anggota asosiasinya pada April 2023.

 

Sumber : bola.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here