Kementerian Investasi/BKPM Apresiasi Inisiatif Bupati Joune Ganda Jemput Bola Penerbitan NIB

0
56

CYBERSULUT.NET – Kementerian Investasi & Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar kegiatan penyerahan langsung Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang dipercayakan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan Kementrian Investasi/BKPM di Hotel Sutan Raja sejak tanggal 21 September hingga 22 September 2022 tersebut, juga dipilih untuk mengutus 45 Pelaku UMK Perseorangan termasuk pelaku usaha difable yang NIB nya baru diterbitkan.

Dalam kegiatan tersebut, Kementrian Investasi/BKPM mengapresiasi terobosan Kabupaten Minut melalui inisiatif Bupati Joune Ganda yang melaksanakan pelayanan jemput bola pendaftaran NIB di setiap Kecamatan, lewat penyerahan plakat yang diserahkan langsung Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal, Achmad Idrus kepada Bupati Minut yang diwakili Asisten II, Allan Mingkid.

Sementara itu, Bupati Joune Ganda melalui Asisten II, Allan Mingkid kepada media mengatakan, dengan diterbitkan dan diserahkannya NIB tersebut bisa menjadi stimulus bagi pelaku usaha khususnya UMK perseorangan di Kabupaten Minut, untuk bisa mengurus dan mendapatkan NIB sebagai bagian legalitas usaha yang dijalankan.

“Tidak hanya sampai disitu saja, Pak Bupati Joune Ganda juga berpesan dan menginstruksikan para jajarannya untuk memberdayakan E-catalog lokal, sehingga pelaku UMK dapat menawarkan produk dan jasanya bagi pemerintah daerah,” kata Allan Mingkid.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda saat turun langsung di beberapa Kecamatan, dalam pelayanan jemput bola pendaftaran NIB UMK.

Diketahui, sebelumnya Kabupaten Minut menjalankan instruksi Bupati Joune Ganda, telah melaksanakan kegiatan percepatan peningkatan jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Menengah pada E- Katalog Lokal Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Dimana DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) telah melaksanakan pelayanan jemput bola penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minut sejak tanggal 7 September 2022 hingga 20 September 2022.

Bupati Joune Ganda bahkan terpantau media, turun langsung dalam pelayanan penerbitan NIB di Kecamatan Kauditan, Airmadidi dan Kalawat

Adapun rincian jumlah NIB yang diterbitkan di setiap Kecamatan dengan total 782 :

1.Kecamatan Dimembe : 144
2.Kecamatan Likupang Timur : 28
3.Kecamatan Likupang Selatan : 46
4.Kecamatan Kema : 63
5.Kecamatan Kauditan : 60
6.Kecamatan Wori : 94
7.Kecamatan Airmadidi : 55
8.Kecamatan Kalawat : 86
9.Kecamatan Talawaan : 132
10.Kecamatan Likupang Barat : 74

 

 

REDAKSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here