Hujan 14 Jam, Banjir Bandang 1,5 Meter Rendam Gorontalo

0
24
Foto : BPBD Bone Bolango

CYBERSULUT.NET – Banjir bandang terjadi di lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Pada Kamis 11 Juni 2020. Lima kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Sawawa, Kecamatan Sawawa Tengah, Kecamatan Sawawa Selatan dan Kecamatan Botupingge.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan berdasarkan keterangan yang dihimpunnya banjir bandang tersebut dipicu oleh hujan yang mengguyur wilayah tersebut selama 14 jam, terhitung sejak pukul 01.00 hingga 15.00 WITA.

Lantaran Intensitas hujan yang tinggi tersebut, kata Radit, menyebabkan tanggul jebo dan Sungai Taludaa meluap. Alhasil 3 orang luka dan ribuan orang terdampak dari banjir bandang setinggi 1,5 meter ini.

“Sedikitnya 3 orang luka-luka, 5.407 jiwa dari 1.479 KK terdampak banjir dengan tinggi muka air 1,5 meter,” kata Radit dalam keterangannya, Jumat (12/6/2020).

Selain itu banjir juga merendam 1.479 rumah, 2 unit jembatan rusak berat dan 1 unit jembatan rusak ringan. Kekinian kebutuhan yang paling mendesak adalah makanan siap saji dan piranti lain seperti selimut, obat-obatan, perlengkapan bayi dan kebutuhan pokok lainnya.

Lebih lanjut, Radit mengatakan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango masih melakukan assessment.

“Koordiansi dengan TNI/POLRI dan tim SAR untuk melakukan evakuasi di lapangan,” tuturnya.

 

 

 

REDAKSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here