Harpelnas 2019, Wisatawan Asing Berebutan Kue Tradisional Khas Manado di Bandara Sam Ratulangi

0
11

CYBERSULUT.NET – Berbagai ekpresi terpancar dari para calon penumpang di bandara. Beberapa bahkan tak percaya saat disuguhi kue-kue tradisional khas Manado oleh jajaran manajemen PT Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Rabu (4/9/2019).

“Kaget gak tau kalau hari ini hari pelanggan, senang juga dapat penghargaan seperti ini,” ujar Sheren, seorang penumpang tujuan Jakarta.

Begitu juga degan Gita, salah seorang penumpang tujuan Makassar yang kaget melihat penampilan anak-anak sekolah memainkan kulintang dan tari kabasaran serta para Duta bandara (Duban) yang menampilkan tarian.

“Tadi sempat berfoto dengan para duban ya terus banyak hiburannya juga, baru ingat kalau hari ini adalah hari pelanggan nasional karena kegiatan di Bandara Sam Ratulangi Manado,” ujar Gita.

Tidak hanya itu saja, para wisatawan asing di terminal keberangkatan internasional juga kaget saat disuguhi kue tradisional serta pembagian souvenir gratis. Kue Panada jadi rebutan mereka di samping juga souvenir yang diberikan berupa tumbler.

Bahkan saking antusiasnya, para wisatawan yang sedang antri untuk masuk ke ruang tunggu berebutan untuk mencicipi kue tradisional tersebut, begitu juga dengan beberapa wisatawan yang sudah mendapat souvenir dan kue kembali lagi saking penasarannya dengan kue yang dibagikan.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh PT AP 1 Bandara Sam Ratulangi dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada 4 September 2019. Selain membagikan suvenir kepada penumpang, dibagikan juga bingkisan untuk para mitra usaha di Bandara Sam Ratulangi yang diserahkan langsung oleh Manajemen.

Kepada mitra usaha, manajemen memberikan tumpeng mini bagi seluruh mitra dan penghargaan bagi mitra terbaik yang dibagi kedalam Tiga kategori mitra yakni retail, property dan food beverage. Para penerima penghargaan yakni Indomaret, Starbucks, dan Blue Bird.

Penilaian mitra terbaik berdasarkan omzet per bulan yang melebihi dari target dan tidak terdapat piutang. Sertifikat mitra terbaik diserahkan oleh PTS General Manager, Yusman, dan Sales Senior Manager, Ahmad Akhadi.

Tidak hanya itu, para penumpang yang sedang menunggu jadwal penerbangannya di ruang tunggu keberangkatan dihibur oleh penampilan musik kulintang dan kabasaran dari siswa-siswi SD Katolik 10 Santa Theresia Manado, tarian lenso dari para customer services dan Duban Ratulangi.

Para penumpang juga dapat berfoto di photobooth yang disediakan bersama dengan duta bandara yang menggunakan kostum kabasaran.

PTS General Manager Bandara Sam Ratulangi Yusman mengatakan bahwa momen ini menjadi kesempatan bagi manajemen bandara untuk menjalin kedekatan dan berinteraksi langsung dengan para pengguna jasa, bukan hanya penumpang tapi juga para mitra usaha.

“Melalui kegiatan ini juga para pengguna jasa dapat langsung menyampaikan keluhan dan sarannya bagi perbaikan Bandara Sam Ratulangi Manado kedepannya,” ujar Yusman.

Pelayanan prima dan kepuasan pelanggan menurutnya juga merupakan salah satu indikator keberhasilan sebuah perusahaan di bidang jasa seperti PT AP 1 (Persero) di bidang kebandarudaraan.

“Melalui Harpelnas ini, menjadi momen yang semakin memotivasi kami agar dapat meningkatkan kedekatan dan interaksi dengan pengguna jasa dengan terus menyajikan pelayanan yang terbaik,” kata Yusman.

Selain menghibur dan memberikan suvenir kepada para penumpang, manajemen AP I Bandara Sam Ratulangi Manado turun langsung melayani para pengguna jasa, di antaranya menjadi customer service, petugas tapping tiket, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here