Fokus Turunkan Stanting, Pemkab Minut Prioritas Sasar Daerah Pelosok

0
11

CYBERSULUT.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) seriusi percepatan penurunan stunting. Hal ini tersirat dalam rapat yang digelar oleh Pemkab Minut soal konvergensi percepatan penurunan stunting tahun 2024.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi serta Persandian Pemkab Minut, Robby Perangkuan bahwa rapat Konvergensi penurunan stunting ini adalah intervensi yang dilakukan secara terkoordinir terpadu dan bersama-sama.

“Tujuan adalah menyasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di pelosok,” Ujar Robby, Jumat (23/02/2024).

Dalam rapat yang dihadiri dari perwakilan organisasi perangkat daerah ini, dilakukan analisis situasi dan rencana kegiatan. Adapun, setiap perangkat daerah diwajibkan mengisi master analisis situasi dan dan rencana kegiatan dalam web monitoring Bina Bagda Kemendagri.

Percepatan penurunan stunting sendiri merupakan fokus dari pemkab Minut yang dipimpin oleh Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung.

Pada kesempatan sebelumnya, Bupati Joune Ganda menegaskan bahwa pemerintah akan serius untuk mengawal program penurunan stunting. Dirinya berharap di Minahasa Utara, Stunting ini bisa dicegah.

Jika demikian, apa yang dimaksud dengan stunting? Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

 

REDAKSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here