Fokus Bantuan Untuk Petani, Pemkab Minut Ingatkan Mekanisme Penerima Bantuan

0
12

CYBERSULUT.NET – Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda sampai detik ini fokus pada pengotimalan bantuan kepada para petani.

Pasca Pandemi Covid 19, dalam program pemulihan ekonomi, pemerintah Minut telah memprioritaskan bantuan berupa bibit, pupuk dan alat pertanian kepada masyarakat petani, sudah banyak yang telah merasakan bantuan tersebut.

Pun di tahun 2024 ini, Pemkab Minut lewat dinas pertanian juga fokus untuk pelaksanaan bantuan sosial (Bansos).

Bupati Joune Ganda melalui Kepala dinas Pertanian Minahasa Utara (Minut), Ir Wangke Karundeng mengatakan seluruh petani berhak mendapatkan bantuan pertanian. Namun, masih banyak petani yang belum paham mekanisme agar mendapat bantuan dari pemerintah.

“Banyak petani yang mengeluh tidak pernah mendapat bantuan. Sebenarnya, bukan tidak mendapat tetapi tidak mengerti mekanisme dalam menerima bantuan pertanian,” Ucapnya, Jumat (23/02/2024).

Karundeng menyampaikan, masyarakat harus membuat kelompok tani terlebih dahulu sebanyak 12-15 orang, kemudian meminta rekomendasi dari Hukum Tua setempat. Setelahnya, didata dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simhultan) oleh petugas dari dinas pertanian sebagai dasar untuk mewujudkan Big Data Pertanian yang berfungsi mempermudah dan meningkatkan efektifitas program-program Kementerian sehingga tepat sasaran karena Perlu adanya monitoring dan evaluasi secara berkala terkait update database Simluhtan secara berjenjang oleh Dinas Pertanian.

”Kelompok pertanian tersebut harus mendapat Piagam pengukuhan kelompok. memiliki lahan dan menunjukkan titik koordinat dan poligon. Hal tersebut diinput di Sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) agar tepat sasaran dan meminimalisir penyelewengan dan data ganda dalam mendistribusikan bantuan bibit maupun pupuk bersubsidi,“ Jelas Wangke.

Diketahui, Kelompok tani di Kabupaten Minahasa Utara telah mencapai 2000an lebih. Sehingga, penyaluran bantuan, diberikan secara bergilir.

 

REDAKSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here