DPRD Sulut Gelar Paripurna Istimewa Peringati HUT ke-55 Provinsi Sulawesi Utara

0
22

CYBERSULUT.NET – Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-55, diperingati Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut dalam rapat paripurna yang digelar, Senin (23/9/2019).

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Sementara, Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua Sementara, Victor Mailangkay serta dihadiri langsung Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw.

Dalam sambutannya, Andrei Angouw mengajak seluruh elemen masyarakat agar momen HUT ke-55 Provinsi Sulut digunakan untuk terus menjaga keberagaman dan kerukunan yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Politisi PDIP Sulut ini pun mengajak seluruh masyarakat untuk terus menggaungkan semboyan ‘Sitou Timou Tumou Tou’ yang artinya manusia hidup untuk menghidupkan manusia lain sebagaimana pesan dari pendahulu GSSJ Ratulangi atau Sam Ratulangi.

“Mari terus menerus menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan dalam membangun Sulut dan Indonesia,” tukas Andrei.

Sementara Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulut menjadi momentum untuk melipatgandakan semangat, sumberdaya dan kekuatan untuk merealisasikan Sulawesi Utara sebagai Pacific Gateway of Indonesia.

 

Menurutnya, eksistensi Provinsi Sulut yang diraih tahun demi tahun, sejatinya tidak terlepas dari perjuangan dan kerja keras para leluhur, pejuang dari Sulawesi Utara yang telah merancang dan meletakkan dasar dasar pembangunan.

“Dr. Sam Ratulangi sebagai tokoh multidimensional. Tahun 1937, mengarang buku Indonesia Di Pasifik dan menuliskan konsep dasar Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Pasifik. Jadi, ide tentang geoposisi dan geostrategi sudah dibahas sejak 82 tahun lalu, bersama dengan falsafah Sitou Timou Tumou Tou,” kata Olly.

 

Lanjut Olly, posisi Sulut di bibir pasifik memberikan akses yang luarbiasa sehingga keunggulan komparatif dan kompetitif sudah berada di Sulut.

“Sulawesi Utara di era revolusi industri empat titik nol (four point zero) saat ini telah membuktikan kemampuan daya saing dan daya juang pada hampir semua aspek sehingga kita terus bergerak cepat mencapai target pembangunan sekaligus mencetak prestasi,” tandas Olly.

 

“Sukses pembangunan Sulut Hebat juga ditopang oleh pendekatan dan strategi kebijakan yang mampu mendorong pengembangan ekonomi wilayah, mengangkat kesejahteraan rakyat serta didukung oleh kebutuhan, perkembangan dan kondisi eksternal negara mitra dikawasan pasifik,” sambung Olly.

Disamping itu, tambah Olly, keberhasilan tidak terlepas dari sinergitas yang solid bersama pemerintah pusat dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang sangat menaruh perhatian pada Sulawesi Utara, bahkan menetapkan Sulut sebagai lokasi Super Prioritas pembangunan pariwisata serta sudah merancang begitu banyak proyek-proyek strategis dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024

“Dari kacamata pemerintah pusat, Sulawesi Utara laksana permata merah delima dari timur bercahaya di ujung utara peninsula pulau Sulawesi dengan prestasi dan capaian yang sangat signifikan,” ungkap Olly.

Adapun rapat paripurna istimewa turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, Bupati dan Walikota serta para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

ADVERTORIAL

Christy Lompoliuw

KOMENTAR ANDA?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here