Cocok Dimainkan Orang Sibuk, Game Fantasy Town Yang Diluncurkan Garena Berkonsep Nasional

0
4
Foto : Istimewa

CYBERSULUT.NET – Salah satu developer game di Indonesia, Garena meluncurkan game yang menghadirkan elemen lokal, yakni game Fantasy Town. Fantasy Town adalah game kasual yang diluncurkan pada pertengahan Juli 2020.

Dalam press briefing yang dilakukan pada tanggal 30 Juli 2020, Hans Kurniadi Saleh, selaku Direktur Garena Indonesia mengatakan sangat bangga dengan peluncuran game ini.

Di saat mayoritas game yang dipublikasikan Garena berupa game MOBA seperti League of Legends, Free Fire, Arena of Valor, hingga Call of Duty Mobile, Garena mengambil risiko untuk membuat game kasual. Karena game ini tidak terikat pada waktu, maka game ini pantas dimainkan bahkan orang sibuk.

Contoh konten lokal yang terkandung dalam game Fantasy Town yakni bangunan bersejarah seperti Monas (Monumen Nasional), Museum Fatahilah, dan rumah-rumah adat dari NTT, Makassar, hingga Papua. Game ini juga mengandung karakter-karakter Nusantara seperti Garuda, Nyi Roro Kidul, dan Kabayan.

Konsep-konsep nasional yang terkandung dalam Fantasy Town mendapat pujian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Josua Puji Mulia Simanjuntak, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Pemasaran Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, memiliki harapan penuh agar game Fantasy Town dapat mengedukasi warga Indonesia sekaligus bersaing di pasar internasional.

Walaupun baru dirilis pada pertengahan Juli 2020, game Fantasy Town sudah dimainkan sekitar 1 juta pemain. Hans berharap angka tersebut bisa mencapai 10 juta sebelum akhir tahun.

Karena Fantasy Town merupakan game kasual, maka game ini memiliki risiko pada bidang replayability. Hans menjelaskan bahwa ke depannya, Fantasy Town akan terus menambah konten-konten bernuansa lokal agar mampu mengundang pemain untuk bermain lagi.

“Saya akan tambahkan Tugu Pahlawan agar bisa mengajak warga Surabaya untuk bermain,” candanya.

Tidak hanya itu, Hans memiliki ide untuk memanfaatkan story cutscene untuk menyisipkan legenda, mitos, atau fabel yang asli dari Indonesia. Selain memperkenalkan cerita rakyat kepada warga Indonesia, hal ini juga bisa menjadi tantangan untuk para developer game Garena agar bisa bersaing dengan developer game internasional.

Game Fantasy Town diluncurkan oleh Garena di Google Play Store untuk platform Android, serta App Store untuk platform iOS. Game ini bersifat free to play dengan mikrotransaksi yang tidak agresif. Fantasy Town bisa dimainkan oleh semua umur.

 

 

Sumber : tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here