Belum Bisa Terima Pasien, Walikota Vicky Lumentut Sudah Resmikan RSUD Berkat Manado

0
174

CYBERSULUT.NET – Masa kerja hari terakhir Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dimanfaatkan sebaik mungkin dengan meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang dinamakan BERKAT, Jumat (7/5/2021).

Namun sangat disayangkan, RSUD Berkat yang sudah diresmikan tersebut ternyata belum bisa menerima pasien dalam waktu yang tak bisa dipastikan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Ivan Sumenda Marthen, peresmian RSUD berlantai 8 tersebut baru memasuki tahap I bangunan yang rampung. Namun ada beberapa paket seperti Mechanical, Electrikal, Arsitektur hingga Fire Alarm serta Gas Medik yang baru rampung hingga lantai 3 RSUD. Sehingga masih harus dilanjutkan sampai ke lantai 7.

“Untuk saat ini baru berfungsi sebagai kantor untuk manajemen yang baru akan mempersiapkan sumber daya kesehatan serta Standar Operasional Prosedur (SOP) dan profil RSUD,” kata dr. Ivan.

RSUD Berkat Manado,cybersulut
Salah satu fasilitas di RSUD Berkat yang belum efektif bisa digunakan.

Lanjut diakui dr.Ivan, RSUD Berkat tersebut belum dilengkapi Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan tegangan listrik yang belum bisa secara menyeluruh mengoperasionalkan RSUD Berkat tersebut.

“Jadi belum ada soft opening, belum ada operasional,” ungkap dr. Ivan.

Terkait kepastian kapan RSUD Berkat tersebut bisa beroperasional efektif, dr. Ivan berharap bisa terealisasi di era kepemimpinan Walikota yang baru terpilih, Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang.

“Harapan yang besar kepada pimpinan yang baru, yaitu Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang untuk bisa meneruskan apa yang sudah dirintis GS Vicky Lumentut ini,” tukasnya.

Sementara itu, Audi Pontoh warga Winangun Kota Manado yang kebetulan melintas kepada wartawan mengaku heran Rumah Sakit yang sudah diresmikan, namun belum bisa menerima pasien.

“Bedanya kalau baru peletakan batu pertama, tapi kalau belum bisa menerima pasien artinya RSUD ini terkesan dipaksakan untuk diresmikan,” kata Audi.

“Mungkin saja ini diresmikan agar masyarakat tahu, RSUD ini hasil kerja Walikota Pak Lumentut, apalagi ini hari kerja terakhirnya,” tutur Audi beranjak pergi.

 

 

Christy Lompoliuw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here