6.500 Tentara Dengan 2.000 Kendaraan Militer Turki Bergerak Menuju Suriah

0
4
Kendaraan militer Turki melaju menuju perbatasan Suriah dekat Akcakale di Provinsi Sanliurfa, Turki, Rabu (9/10/2019). Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menamakan tindakan militer ini sebagai 'Operation Peace Spring'. (BULENT KILIC/AFP)

CYBERSULUT.NET – Dalam 12 hari terakhir, pasukan Turki telah mengerahkan 2.000 kendaraan militer ke Suriah utara. Konvoi militer terbaru yang melibatkan 50 kendaraan memasuki Suriah pada Minggu (16/2/2020) dini hari.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, tentara Turki mengerahkan bantuan militer ke sejumlah area yang dikuasai para pemberontak dukungan Turki di wilayah pedesaan di provinsi Idlib dan Aleppo, Suriah utara.

Kelompok pemantau perang yang berbasis di Inggris itu mengatakan, sekira 6.500 tentara Turki dikerahkan ke sejumlah wilayah di Idlib dan Aleppo secara bersamaan.

Pengiriman bantuan militer Turki itu dilakukan ketika pasukan Suriah berhasil merebut area-area penting di kedua provinsi dalam dua bulan terakhir.

Suriah semakin gencar memprotes Turki yang mendukung kelompok-kelompok pemberontak tersebut, seperti dilansir Xinhua, Minggu (16/2/2020).

Pada Jumat 14 Februari, Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengatakan kepada stasiun televisi Lebanon al-Mayadeen bahwa Turki telah menjadi “negara musuh” bagi Suriah. Karena “negara itu menduduki wilayah Suriah dan membawa masuk para teroris.”

Dia menambahkan, Suriah memiliki “hak kedaulatan” untuk menentang “pendudukan” Turki dan Amerika Serikat di wilayahnya.

 

Sumber : Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here